Apa Yang Terjadi Bila Pressure Gauge Gagal ?

Apapun bentuk dan bahannya, sebuah pressure gauge didesain untuk mengukur tekanan gas, cairan, uap atau bahan solid dalam bermacam-macam aplikasi dan industri.  Karena beberapa bahan yang diukur mudah menguap, maka pressure gauge dan instrumen pressure lainnya bisa gagal karena beberapa alasan.  Melindungi dan memeriksa instrumen pressure secara berkala akan menolong pencegahan kegagalan dan mempertahankan kelancaran kerja.

Ada 8 penyebab umum terjadinya kegagalan pada pressure gauge :

  1. Getaran.  Banyak peralatan bergetar.  Getaran yang besar bisa mengakibatkan kegagalan pada gauge.  Karena itu, pasanglah pressure gauge yang lebih tahan getaran, misalnya yang diisi cairan, atau yang hanya memiliki satu bagian gerak.
  2. Denyutan.  Media yang berputar cepat di dalam sistem pressure bisa mengakibatkan pointer gauge bergerak dan mengakibatkan pecahnya bagian dalam.  Pasanglah restrictor dan wadah berisi cairan pada gauge standard.
  3. Temperatur.  Temperatur ekstrim bisa menyebabkan embun dan longgarnya joints logam yang akhirnya bisa membuat retak.  Pasanglah gauge dengan diaphragm seal dan elemen pendingin untuk melawan temperatur tertinggi.
  4. Tekanan.  Tekanan terus menerus bisa membengkokkan jarum gauge dan mengganggu keakuratan tabung Bourdon atau elemen perasa, mengakibatkan kerusakan.  Pasanglah pelindung over pressure untuk pembacaan di atas kapasitas gauge.
  5. Karat.  Media yang berkarat sering diketemukan dalam pabrik pemrosesan.  Ini dapat merusak materi perasa dalam gauge.  Pasanglah diaphragm seal yang terbuat dari bahan tahan karat.
  6. Tersumbat.  Bahan yang mengandung partikel yang bisa mengkristal akan menyumbat sistem tekanan dan membuat pembacaan gauge tidak akurat. Pasanglah diaphragm seal dengan penghalang anti sumbat.
  7. Uap.  Beberapa media menghasilkan uap yang bisa merusak bagian dalam gauge.  Pasanglah mini-siphon dengan internal chamber untuk mengurangi sentakan atau full-siphon.
  8. Salah Pemakaian.  Bahkan gauge yang terpasang dengan benar akan tidak berfungsi normal bila dipakai sepanjang waktu tanpa istirahat.  Adakan latihan pemeriksaan keselamatan dan pemeliharaan gauge untuk para karyawan yang bertugas di bagian sekitar gauges.

Untuk pembelian pressure gauge, diaphragm seals dan semua instrumen pressure lainnya hubungi kami.